Tuesday, October 29, 2013

PONDASI2x SYIAH (Bagian 1)





Syi’ah, sebuah fenomena yang gempar dan panas untuk kita perbincangkan diabad ini, sedikit jumlahnya besar pengaruhnya. Dimana semua kalangan masyarakat ada sebagian yang paham akan syi’ah, tak sedikit banyak juga yang tidak paham akan syi’ah, mengganggap syi’ah adalah bagian dari islam. Ya sunni-syi’ah, sebuah kasus yang yang layak kita kupas bagaimana aqidah syia’ah yang sebebarnya. Apa pondasi syi’ah sehingga banyak kalangan yang terbingungkan akan kasus ini. Agar kita tidak bertanya-tanya apa sih syi’ah. Apakah syi’ah itu paham atau sebuah agama baru?
Kali ini saya akan mengupas tentang syi’ah, yang saya ambil dari kajian Drs.Muhammad Tholib. Saya akan memaparkan syi’ah secara gambling, dan bagaimana kita menghukumi akan syi’ah.

Sejarah Syi’ah.
Syi’ah muncul ketika berakhirnya kekholifahan Abu bakar ash-shidiq radhiyallahu’anhu, tidak lama setelah Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wasallam. Ditanam dan dirawat oleh Abdullah Bin Saba’ yang berasal dari keturunan Yahudi. Abdullah Bin saba’ memaparkan 2 isu:
1.      Setiap rasul memiliki pewaris kerasulan, sebagaimana Musa pewarisnya Harun, maka Muhammad pewarisnya ‘Ali dan keturunan setelah ‘Ali.
2.      Para imam dari keturunan tertentu tadi bersifat maksum, oleh karena itu 3 orang khilafah sebelum ‘Ali dianggap bukan pewaris kerasulan Muhammad shallallahu ‘alayhi wasallam, dan kelhalifahan dianggap batal.
Pada masa kekhalifahan Abu Bakar ash-Shidiq kemudian diganti oleh Umar Bin Khathab, penghembusan fanatisme jahiliyah Abdullah Bin Saba’ tidak dapat tumbuh subur. Karena pada masa itu jumlah para sahabat masih cukup banyak. Tetapi, setelah kekhalifahan Utsman bin affan, mayoritas kaum muslim merupakan generasi baru, mereka belum 100% memahami Islam secara benar, khususnya di Persia, Mesir dan Afrika bagian Utara, dari kalangan mereka inilah doktrin Abdullah bin saba’ mendapat sambutan antusias.

Pondasi Syi’ah
Kita sudah tahu siapa dibalik munculnya syi’ah, Abdullah Bin Saba’ dari keturunan yahudi, kita tahu bagaimana sikap yahudi kepada kita, betap bencinya mereka kepada kaum muslim. Pada hakikatnya syi’ah lahir dari rahim kebencian terhadap islam, karena aqidah syi’ah sesungguhnya berdiri di atas dusta dan kebencian kepada para Nabi dan para sahabatnya.

Wallahu a’lam bi showab.
Mungkin cukup ini dulu kita pelajari tentang siapa syi’ah, insyaAlloh akan bersambung ke pondasi2x syi’ah bagian yang ke dua(2). Semoga bermanfa’at.

No comments:

Post a Comment