Thursday, March 14, 2013

MENINGKATKAN KETAQWAAN





Dari al-Harits al-Asy’ari dari Nabi SAW bersabda:”Dan saya perintahkan kepadamu lima hal dimana Allah memerintahkan hal tersebut: Mendengar, taat, jihad, hijrah dan jamaah. Sesungguhnya barangsiapa yang meninggalkan jamaah sejengkal, maka telah melepaskan ikatan Islam dari lehernya kecuali jika kembali. Dan barangsiapa yang menyeru dengan seruan Jahiliyah maka termasuk buih Jahannam. Seseorang berkata:” Wahai Rasulullah, walaupun mengerjakan shalat dan puasa. Rasul SAW menjawab:”walaupun shalat dan puasa. Maka serulah dengan seruan Allah yang telah menamakanmu muslimin, mukminin hamba Allah” (HR Ahmad dan at-Turmudzi)



    Teringat dengan sebuah kata2 dari ust.Felix Siauw saat kajian di YM bareng ust.Yusuf Mansyur. Beliau(ust.Felix Siauw) memberikan sebuah tips bagaimana menjaga sebuah ke-Taqwa-an yang ada pada diri kita. Cara agar ketaqwaan ini bisa terjaga yaitu dengan "berjama'a". ya.. dengan jama'ah menjadikan kita lebih semangat untuk melakukkan ibadah2 kepada Alloh swt. Karena kita terpacu oleh amalan2 orang2 terdekat kita. misalnya ada yang sudah hafal Al-Qur'an, maka kita juga akan terpancing untuk lebih giat menghafal Al-qur'an, bisa juga ada sahabat kita yang cukup bagus dalam  Fastabiqul khoirot, maka betapa semangatnya kita juga ingin meniru amalnya, untuk berlomba-lomba dalam kebaikan pula. ya itulah salah satu manfaat dari sebuah jam'ah.
     Tak hanya itu juga, bersama jama'ah juga ada yang saling menasihati, saling mengingatkan ketika kita futur, ato yang lain. Bersama jama'ah kita juga terhindar dari sebuah kemaksiatan. 
ya memang benar sudah saya rasakan bagaimana kita selalu berjamaah bersama teman2 yang berkomitmen dalam keistiqomahan, dimana kita saling berbagi nasihat. 
"Hendaklah kalian berjamaah dan jangan bercerai berai, karena syetan bersama yang sendiri dan dengan dua orang lebih jauh. Barangsiapa ingin masuk ke dalam surga maka hendaklah komitmen kepada jama’ah” (HR At-Tirmidzi)
Mungkin hanya ini sedikit ilmu, semoga bermanfaaat. dan semoga kita selalu tetap istiqomah bersama jama'ah. Aamiin
  

No comments:

Post a Comment