Monday, February 4, 2013

VALENTINE DAY MENJAUHKAN MUSLIM DARI ISLAM



Bulan Februari, itulah bulan yang ditunggu para remaja terutama. Temen-temen pasti udah tau hari apa itu. Yupz..... bener banget, Valentine Day(Hari Kasih Sayang) yang jatuh pada tanggal 14 Februari.
Katanya sih kasih sayang itu luas, bias ke Ortu, Sodara or Sahabat karib. Tapi…..realita sekarang, Valentine Day(VD) dijadikan hari tembak-manembak, alias VD dijadikan hari untuk menyatakan cinta sama orang yang di taksir.Bagi yang dah punya pacar dijadikan sebagai moment memberikan kado special buat si pacar.
Sebagai contoh di Filpina Merayakan Valentine’s Day 2004 dan mendapatkan REKOR DUNIA CIUMAN MASSAL  5.122 pasangan, sepanjang dua km, berciuman selama paling tidak 10 detik. Penyelenggara : Pemda Metro Manila Filipina & perusahaan odol dibuka Wali Kota Manila Lito Atienza . Naudzubillah, Ngeri banget sich………………..

Apakah kasih sayang harus diungkapkan dengan cara seperti itu? Dan apakah harus tanggal 14 februari? Islam adalah agama rahmatan lil’alamin, Islam juga mengajarkan kasih sayang kepada umat manusia. Ya cuma caranya saja yang berbeda, tidak seperti cara Yahudi dan Nasrani yang selalu cenderung kepada kemaksiatan/ perzinahan.
Untuk muslim dan muslimah jangan asal ikut-ikutan(taqlid). Kita harus mengukur segala sesuatu itu dari sudut pandangan islam. Sebenarnya grayain VD dalam Islam gimana sich????? Dan gimana sich sejarahnya????
Selamat Baca……..

The History Of VD
Versi 1:
VD Berakar dari Paganisme
Bermula dari Romawi Kuno tentang Perayaan Pensucian setiap tanggal 13-18 Februari untuk penyembahan Dewi Cinta : Juno Februata, juga Dewa Kesuburan : Lupercia. Dimana para pemuda berkumpul mengundi nama-nama gadis dalam kotak. Setiap pemuda mengambil 1 nama secara acak. Gadis yang namanya terambil, harus bersedia menjadi kekasihnya setahun penuh untuk bersenang-senang & menjadi hiburan pemuda tsb.
VD dari Paganisme ke Gereja
Ketika Kristen Katolik masuk Roma, didukung Kaisar Konstantine & Paus Gregory I,  upacara penyembahan berhala  (paganisme) ini diadopsi oleh Kristen, diberi nuansa kristiani, untuk mendekatkan masyarakat pagan kepada kristen ( The Encyclopedia Britannica, 2004 edition) 
VD Resmi Perayaan Gereja
Tahun 496 M, Paus Galasius I resmi menjadikan upacara ini menjadi hari perayaan gereja, dengan nama Saint Valentine’s Day untuk menghormati Santo Valentine yang mati tgl 14 Februari. ( The World Book Encyclopedia, 1998 )
Mitos tentang Santo Valentine, ada pendapat bermacam-macam.

Versi 2:
Asosiasi pertengahan bulan Februari dengan cinta dan kesuburan sudah ada sejak dahulukala. Menurut tarikh kalender Athena kuno, periode antara pertengahan Januari dengan pertengahan Februari adalah bulan Gamelion, yang dipersembahkan kepada pernikahan suci Dewa Zeus dan Hera.
Di Roma kuno, 15 Februari adalah hari raya Lupercalia, sebuah perayaan Lupercus, dewa kesuburan, yang dilambangkan setengah telanjang dan berpakaian kulit kambing. Sebagai bagian dari ritual penyucian, para pendeta Lupercus meyembahkan korban kambing kepada sang dewa dan kemudian setelah minum anggur, mereka akan lari-lari di jejalanan kota Roma sembari membawa potongan-potongan kulit domba dan menyentuh siapa pun yang mereka jumpai. Terutama wanita-wanita muda akan maju secara sukarela karena percaya bahwa dengan itu mereka akan dikarunia kesuburan dan bisa melahirkan dengan mudah.
Nah..nah bingungkan???? Q ja juga bingung. Yang penting VD bukan berasal dari Islam. Sedangkan kasih sayang tidak harus diungkapkan hanya pada tanggal itu. Dalam hal ini kita perlu membahasnya, karena masalah ini menyangkut aqidah.

VD DALAM PANDANGAN ISLAM
Sebagai seorang muslim tanyakanlah pada diri kita sendiri, apakah kita akan mencontoh begitu saja sesuatu yang jelas bukan bersumber dari Islam ?Mari kita renungkan firman Allah swt:
 ”Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.”(QS.Al-Israa’:36)

Dalam Islam kata "tahu" berarti mampu mengindera(mengetahui) dengan seluruh panca indera yang dikuasai oleh hati. Pengetahuan yang sampai pada taraf mengangkat isi dan hakikat sebenarnya. Bukan hanya sekedar dapat melihat atau mendengar. Bukan pula sekadar tahu sejarah, tujuannya, apa, siapa, kapan(bila), bagaimana, dan di mana, akan tetapi lebih dari itu.

Oleh kerana itu Islam amat melarang kepercayaan yang membonceng(mendorong/mengikut) kepada suatu kepercayaan lain atau dalam Islam disebut Taqlid. Firman Allah s.w.t.:

"Barangsiapa yang mencari agama selain agama Islam, maka sekali-sekali tidaklah diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi".(QS. Al- Imran : 85)

Dan Para Ulama telah mengeluarkan Fatwa-Fatwa tentang VD sebagai berikut:
1.      Fatwa dari Syaikh Utsaimin
Tidak boleh merayakan VD(Yaumul Hubb) karena:
a.       Itu adalah hari raya bid’ah, tidak ada dasarnya dalam syari’at Islam
b.      Umat akan melakukan hal yang tidak berguna.
Semoga Allah SWT melindungi kaum muslim dari setiap fitnah.
2.      Fatwa dari Al Lajnah Ad-Da’imah Lil Buhuts Al-Ilmiyah Wal Ifta’
Berdasarkan dalil dari Al-Qur’an dan As-Sunnah para pendahulu umat sepakat menyatakan bahwa hari raya dalam Islam hanya ada dua yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Selain itu hari raya yang berkaitan dengan seseorang, kelompok, dll adalah bid’ah.
Tradisi merayakan VD adalah strategi dari kaum yahudi dan nasrani untuk menjauhkan umat muslim dari Islam. SAMUEL ZWEMER KONFERENSI MISSIONARIS 1935:
1.  Misi utama kita sebagai Kristen bukan hanya  menghancurkan kaum Muslimin, namun memisahkan mereka dari Islam, agar jadi orang Muslim yang tidak berakhlak.
2.      Dengan begitu akan membuka pintu bagi kemenangan imperialis di negeri Islam.
3.      Tujuan kalian adalah mempersiapkan generasi baru yang sesuai dengan kehendak kaum penjajah.
Maka ingatlah Warning dari Allah s.w.t:

”Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti milah mereka........................”(QS. Al-Baqarah : 120)
 وَلَن تَرْضَى عَنكَ الْيَهُودُ وَلاَ النَّصَارَى حَتَّى تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ
Oleh karena itu islam melarang kita hanya untuk sekedar ikut-ikutan(taqlid). Dan Rasullullah telah bersabda:
BARANG SIAPA MENYERUPAI  SUATU KAUM, MAKA IA TERMASUK KAUM ITU
(HR.Abu Daud).

Rasulullah bersabda :
“Sunggguh kalian akan mengikuti tradisi orang-orang sebelum kalian, sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta
sehingga meskipun mereka berjalan masuk ke dalam lubang biawakpun, kalian niscaya mengikutinya”.
Lalu kami bertanya, “ Wahai Rasulullah, Apakah mereka itu Yahudi dan Nasrani?”
Beliau bersabda, : “Siapa lagi?!”
(Sahih al Bukhari, kitab “Abhadith al-Anbiya’”,3.197)

MUSLIM SEJATI HANYA YANG KOKOH AKIDAH ISLAMNYA
      Kembali kepada Al Qur’an & Hadist, kembali kepada penafsiran yang terpercaya dari salafus saleh.
      Selalu menuntut ilmu & mengkaji agama secara kaffah.
      Kritis terhadap paham apapun yang datang dari luar Islam juga terhadap penafsiran dari Barat / Kaum Liberal terhadap Al Qur’an & Hadist.
      Tekankan kesadaran, keyakinan hanya Islam yg benar & diridloi Allah, diluar Islam ditolak Allah & Rugi.
VD adalah moment pelampiasan syahwat / maksiat & perzinahan massal dengan dalih mencurahkan kasih sayang. Dan haram hukumnya merayakan Valentine Day dan VD adalah salah satu trik kaum Yahudi dan Nasrani untuk menjauhkan umat muslim dari Islam. Kami menghimbau kepada semua umat islam, remaja khususnya gunakanlah masa muda kita untuk melakukan amalan yang dapat mengantarkan kita ke Jannah. Dan janganlah kau gunakan waktumu untuk hal yang sia-sia.
Semoga artikel ini dapat menggugah kalian semua dan bermanfaat bagi kita semua. Dan semoga kita senantiasa berada dijalan yang sesuai Al-Qur’an dan As-Sunnah hingga yaumul akhir nanti.Amin.

Referensi:
1.      Power point oleh Ibu Dewi Purnamawati (Mantan Aktivis Gereja)
2.      Dan berbagai sumber di Internet.

No comments:

Post a Comment