Friday, January 5, 2018

Resume Kulwap 4 SPAR Trik menanamkan akhlakul karimah pada anak melalui kegiatan mendongeng



Resume Kulwap 4 SPAR

Hari: sabtu, 3 desember 2016
Jam: 19.30-22.00 wib
Narsum: kak Tedi Kartino (pendongeng kampung dongeng)
Tema: Trik menanamkan akhlakul karimah pada anak melalui kegiatan mendongeng
Moderator: Fika
Co moderator: Nurul
===================
    #Biodata Narasumber#


Nama : Kak Tedi Kartino
(Endorphine Navigator)

TTL : Tegal, 21 April 1982

Alamat : Jl Abdi Negara No 22 RT 06 RW 05 Kel Pekauman Kota Tegal, Jawa Tengah 52113

Pekerjaan : Trainer Nasional PT ABCo Sugesti Motivatindo

Aktivitas :
-Pendongeng, Motivator, Konsultan Pendidikan
-Relawan Kampung Dongeng

Produk Pelatihan :
- Bahagia Belajar Bahagia
- Bahagia Mendidik Bahagia
- EASy (Endhorphine Achievement Story)
- EMotion (Endorphine Motivation)

Mitra Pelatihan :
- Konsultan Pengembangan Pendidikan & Parenting bbrp Perusahaan, Sekolah, PAUD
- Bbrp perusahaan nasional : Bank, Lembaga Keuangan, Lembaga Pemerintahan
=•=•=•=•=•=•=•=•=•=•=
           #MATERI#

Tema: "TRIK MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA ANAK MELALUI KEGIATAN MENDONGENG"

by : Kak Tedi - Endorphine Navigator
(Motivator PT ABCo Motivatindo & Pendongeng Kampung Dongeng)

*"Rahasia Berubah dg Energi Bahagia Story Telling"*

_Resume:_
1. Rahasia Keajaiban Dongeng
2. Dongeng utk Terapi Transformasi
3. Teknik Dongeng yg Mentransformasi Kebahagiaan "SMILE"

*A. Rahasia Kekuatan Story Telling / Dongeng*

1. Mudah diingat dan terekam dlm waktu yg lama.
- sahabat, masih ingatkah kisah2 yg dsampaikan orang tua, guru, trainer, atau siapapun? Mana yg lbh Anda ingat sampai skrg materinya atau ceritanya

2. Memberi nasihat tanpa merasa sedang dinasihati. Kita lbh bisa bertahan lama saat menyimak cerita, lebih nyaman dan enjoy daripada hy sebuah nasihat datar

3. Mempererat hubungan. Hub anak-ortu, siswa-guru, pembicara-audien akan lbh erat. Contoh lihatlah para ABG ketika forum2 yg santai berisi cerita, mk ikatan2 dlm grup tsb akan lbh erat. Kita butuh kedekatan dg audien agar lbh bs menerima materi kita.

4. Meningkatkan daya imajinasi dan cakrawala pengetahuan. Daya imajinasi inilah yg kita butuhkan u membangun harapan hidup, krn hidup akan hampa jk kita tak lagi memiliki harapan.

5. Sebagai media pembelajaran. Kegt belajar mengajar di kelas dan di rumah jd lebih asyik dan menyenangkan

6. Mengatasi keadaan darurat pada anak, seperti anak susah makan, anak rewel, susah dibangunkan dll.

Dan, rahasia rahasia lain kekuatan story telling ini akan terkuak ketika sahabat semua mengekspresikannya

*B. STORY TELLING UTK TERAPI TRANSFORMASI*

Dalam pengalaman kami menjalankan terapi kpd klien u bertransformasi, sudah cukup dg menyampaikan 1 atau 2 kisah. Bahkan sebelum saya 'kelihatan' menggunakan teknik eft, hipnosis yg terlihat 'seram' bagi sebagian klien.

Bukannya sy tidak sama sekali mgunakan teknik2 tsb, tp saya tetap mgunakannya tanpa disadari, saya masukan ke dalam alur story telling.

Contoh Sukses Story Telling u Terapi:
anak gang motor (remaja kls 3 smp), suka balap liar,suka bolos menjadi berprsetasi. Hari itu sy dminta oleh orang tua u menangani anak putra nya yg sdh 'rusak' menurut ortunya

Stlh mndapat info cukup ttg anak tsb, kutemui anak td. Dan anak tadi pun mngalir kisah2 kenakalannya padaku dan bahkan bbrp rahasia yg ortu nya tdk mengetahui

Lalu, aku hanya bercerita ttg sebuah kisah, dia pun menangis dan berikrar taubat mjd lbh baik

Sekarang dia tlh menjadi ketua kelas di sma di sekolahnya, berangkat lebih pagi, mau mbawa bekal makan ke sekolah, bersepeda


*C. TEKHNIK Story Telling YG MENTRANSFORMASI *

Tekhnik rahasianya sangat SMILE, yaitu:
1. Suara Unik
2. Media Cerita (Mimik, Gesture & Properti)
3. Isi Cerita
4. Lisan / Language Patern
5. Empathy

1. SUARA UNIK

Kekuatan suara dlm story telling sangat kuat. Bayangkan, kita bisa menikmati sandiwara di radio tanpa melihat visual, dibandingkan jk kita melihat televisi tanpa suara mk tdk bs kita menikmatinya

Intinya adlh suara ini berbeda dg suara kita. Ada 3 jenis suara dlm story telling: narasi; tokoh; ilustrasi.

Suara Narasi : menggunakan suara asli kita. Meski dmikian tetap harus mempehatikan intonasi, irama dlm penyampaian (tdk monoton)

Suara Tokoh : inilah suara yg harus keluar berbeda dari biasanya. Dan ini yg mbuat cerita menarik u disimak. Intinya mainkan posisi bibir, mulut dan lidah. Mk akan mhasilkan suara aneh. Kuncinya adlh temukan satu posisi dulu, lalu ulang terus selama seminggu, baru cari suara lainnya.

Suara Ilustrasi : ini adlh suara2 backsound. Rajin2 mendengarkan suara alam, hewan dll, coba tirukan dan ulang2. Ini bisa jg dibantu dg media audio dr laptop. Atau tidur dekat kandang ayam u mengamati suara suara ayam he...

2. MEDIA CERITA 

* MIMIK DAN GESTURE

- ekspresi muka dan gerak tubuh jg mendukung story telling kita. Bebaskan diri utk berekspresi
- terus berlatih di depan cermin dan pemanasan tiap pagi u melenturkan tubuh (bmanfaat jg u kesehatan)

* Properti Penguat

Ini hanyalah media tambahan saja yg bs digunakan atau tidak. Ada boneka, buku, alam atau benda benda lain di sekitar kita.

3. ISI CERITA

ingat, krn ini adlh story telling untuk terapi maka sebaiknya isi cerita memenuhi unsur :

- FUN, dg suasana bahagia maka akan mudah memasukan sugesti, meski cerita itu sedih/marah dll suasana tetap sampaikan dg cara fun, jaga iklim tetap fun

- kesesuaian dg masalah peserta atau senada (analogi)

- aman utk tumbuh kembang anak, sesuai dengan usia anak.

Cara Membuat Cerita mendadak:
a. Metode LALU, gunakan kata hub lalu saat merangkai kisah. Contoh : ada anak kecil bangun pagi LALU mencari orang tuanya LALU tak ada ortu di tempat tidur LALU...

b. Metode KARENA, mirip dg lalu cm ini alurnya mudur.

4. LISAN / LANGUAGE PATERN

Nah, ini yg spesial yg terkadang dilupakan oleh para story teller atau oleh kita saat bercerita di depan audien / klien.

Kalimat - kalimat yg meluncur tetap gunakanlah pola pola bahasa dlm teknik hipno/nlp/eft.

Dan 2 hal yg penting, di point ini adlah:
- munculkan solusi dr klien
- ikat solusi tsb dg komitmen klien (ini yg tkadang dilupakan)

5. EMPATI

Hadirkan hati, perasaan 100 % saat bercerita. Krn saat kita memberi setengah2 maka hasilnya pun akan setengah2

Demikian ringkasan kuliah hari ini,

Salam Bahagia,
Kak Tedi - Endorphine Navigator
"Melejitkan Energi Bahagia utk Bertransformasi"

(Trainer & Pendongeng)
=•=•=•=•=•=•=•=•=•=•=
       #Sesi Tanya Jawab#

1⃣Tanya#clodifa#
menarik sekali ya pembahasan ttg dongeng ini ya.. selaku orgtua, ingin rasanya bisa bercerita kapan pun anak itu ingin. terkadang ketika mencontohkan adab misal nya bisa ya kak sambil bercerita.  tapi takut bosan, itu2 saja nnt ceritanya.

yg ingin sy tanyakan, dari sekian waktu kita bersama anak, sbenarnya kapan ya kak waktu yg bagus untuk bercerita?

🖊Waktu yg efektif u bercerita adalah *sepanjang waktu.*
Namun, nanti ada bbrp teknik yg berbeda di berbagai suasana
Jadi, dongeng / bercerita adalah :

1. salah satu cara berkomunikasi yg efektif ke anak (anak manusia ya....), bahkan pengalaman saya suka bercerita ke semua usia anak sampai nenek nenek.

2. Dongeng adalah sarana menyampaikan pesan / nasihat dg cara yg menyenangkan tanpa anak merasa sedang dinasihati.

Dongeng disampaikan Sepanjang Waktu dimana saja, kapan saja. Mulai anak bangun tidur, sampai mau tidur kembali. Tetap menggunakan teknik SMILE, namun kita simak bbrp perbedaan tekniknya:

1. Dongeng Menjelang Tidur : suara unik tetal ada, namun nada, frekuensi suara, alunan, dan volume *cenderung lembut, mendayu dayu, suara lirih*
Tidak seperti sedang dongeng di panggung

2. Dongeng Bangun Tidur : singkat, bersemangat, ceria, mengajak action/bergerak

3. Dongeng di Kelas / panggung / suasana bermain : interaktif / dialog lebih dimainkan, full energik, semua media dieksplore

2⃣#Tanya#nufa
mulai usia brp sdh d perkenalkan dongeng?

🖊Dongeng dimulai saat usia kehamilan sdh bisa dimulai.
Jadi, selain dibacakan Al Quran, diputerin Musik Klasik, juga didengarkan kisah/cerita.
Pernah nggak ayah/bunda merakan begini : 'ketika mengalami suatu kejadian, lalu tiba tiba berpikir, _iih, sepertinya saya pernah mengalami hal ini_ tapi nyatanya baru saat itu mengalami kejadian tsb.....

Nah, loh apa hub nya?
Otak manusia, sdh mulai dibentuk saat dlm kandungan, mk beri juga gizi (cieeee...begini2 juga alumni gizi ipb 😊), termasuk gizi u otak adalah berupa informasi informasi (kata, kalimat, cerita) yg diberi pada janin dan juga bayi.

Utk anak yg baru lahir (bayi usia 0 bulan) pun ibu dan ayah harus sdh mulai bercerita.

Pertumbuhan otak, menurut ahli : usia 0-5 tahun itu tumbuh dan berkembang 50%, 5-8 atau 10 th 30%, dan sisanya yg 20% ya sampai kita sekarang ini.

Dalam smile ada unsur L (Lisan) nah ini yg memegang peran penting. Catatan penting utk unsur L, LISAN :

Berbahasalah dg kalimat lengkap (SPOK), jangan cm 1 atau 2 kata. Misal, menyuruh anak kita cm suka bilang 1 kata: *mandi*,  *makan*, *tidur*,
Gunakan kalimat lengkap ; "Nurul, hari sudah sore, kita mandi"

3⃣#tanya#mayzar
Langkah awal apa yg harus kita persiapkan agar dapat menguasai tehnik SMILE?

🖊Langkah awal : *MULAI COBA SEKARANG* 😊😊
1. Luruskan niat
2. Ketahui manfaatnya
3. Try it

Ingat, kita bisa berenang, naik sepeda, bukannkrn sekedar baca teori, tp krn praktek langsung.
Apa langsung bisa, owh....  Saya jg pake terjatuh dl saat bljr naik sepeda

Demikian pula dg mendongeng, dongeng 1 kali mgkn tak bagus, kedua, ketiga dst nanti akan semakin bagus.
Ingat : tak ada langkah seribu tanpa langkah pertama, kedua dst

4⃣#tanya#kristin amaliah#apakah dengan dongeng tidak menimbulkan imajinasi berlebih pada anak? Soalnya dulu pernah punya murid yang semasa kecil sering didongengin, besarnya jadi sering berimajinasi berlebih. Bagusnya dongeng yang seperti apa? Mksh

🖊Dongeng memang merangsang imajinasi anak.
Dan imajinasi itu perlu. Lihat, dulu kita mimpi bs telpon liat orang langsung, eh...sekarang bisa.
Namun, mmg sesuatu yg berlebih tdk baik. Ini ada di bahasan lebih dalam SMILE di i (isi cerita).

Koridor Isi Cerita :
Hati hati jg dg cerita yg dsampaikan. Krn ini yg akan diinstal pada otak anak kita.

Ada bbrp menurut saya yg perlu diperhatikan ;

1. Sampaikan cerita yg menghargai proses, bukan instan/ tiba tiba
2. Sampaikan cerita yg aman sesuai usia anak, tidak mengandung unsur kekrasan, pornografi dll
3. Cerita yg mendekatkan pada Allah swt, bukan syirik.

#respon# maaf Ka, berarti ceritanya bisa kita karang2 sendiri ya?? Ga mesti liat dari buku?
🖊Betul, bikin sendiri saja, seperti di materi awal rumus sederhananya. Rumus lengkapnya kapan2 ya...

5⃣#tanya#fika#kak anak saya laki2 usia 3,5thn sering sekali minta dibacain buku, nah tapi dia sukanya di ualang2 bacainnya sampai dia merasa setengah hafal dg buku tsb baru mau pindah ke buku lain ,itu kira2 bagaimna tanggapannya kak?

🖊Bagus, tak mengapa. Berarti anak bunda fokus.
Justru dg pengulangan akan memperkuat pesan dalam memory anak

Dan, kita orang tua yg harus pandai mencari celah peluang nasihat apa saja yang terkandung di dalam cerita tsb, sehingga setiap mengulang dia mendapat tambahan hikmah / pelajaran baru

6⃣ #Tanya#ifa
1. Untuk memperkaya referensi cerita berati kita harus banyak membaca ya?
2.jika audience nya banyak sperti di tpa atau kelas, bagaimana tekhnik membzulai agar anak2 bisa terkondisikan dahulu?

🖊1. Betul sekali. Selain mbaca buku,  banyak sumber cerita bisa jg bercerita dari kisah pengalaman sehari hari, pengalaman pribadi yg dikemas sesuai dg usia anak

2. Utk dongeng di kelas / panggung dg audien besar, :

a. diawal harus ada ice breaking atau membangun suasana terlebih dahulu (misal dg tepuk, yel yel, lagu, permainan, tebakan) namun perlu diingat jangan sampai kepanjangan ice breaking namun dongeng cm sebentar

b. Saat bercerita : libatkan audien dg cerita kita, apresiasi, dan buat menarik halan cerita dg kejutan kejutan (suara unik), utk mengembalikan konsentrasi. Ingat daya konsentrasi anak anak terbatas, paling hanya 5-7 meniy, bahkan u anak usia play grup hanya 3-5 menit saja

c. Masukan pesan saat cerita (ditengah) jangan di akhir, krn fokus sudah hilang

7⃣#tanya#yanti
Dalam materi disampaikan bahwa kekuatan suara dalam story telling sangat kuat..saya termasuk yg kurang bisa mengubah2 intonasi suara...bagaimana cara mensiasatinya?

🖊Cara Merubah suara :
Tadi di atas sdh saya priview kan sedikit. Kuncinya adalah :SUARA BEDA DG SUARA BIASA KITA.
Mainkan :
posisi lidah, posisi bibir, posisi nada suara...

Contoh mudah yuk lakukan :
A. Bicara sg suara biasa
B. Masih dg suara biasa, cuma posisi bibir tolong *senyum selebar lebarnya, tarik bibir ke kanan ke kiri 2 cm he...*

8⃣#tanya#meilia#
saya ingin mendongengkan kisah tentang nabi dan rasul kepada anak sejak dalam kandungan. Apakah ada aturan2 khusus untuk mendongengkan bayi di kandungan agar bs menstimulasi perkembangan otaknya? Dan pada usia berapa bulan waktu terbaiknya? Trimakasih

🖊Utk dongeng ke bayi/kandungan sdh dibahas sekilas td diatas. Catatannya adlh dongeng ttg nabi nya : tolong ada pendapat ulama, khusus u nabi Muhammad tdk disuarakan atau diperagakan, cukup dinarasikan saja dg suara biasa kita.

#respon
mksudnya yg ini bagaimana ya kak? diceritakan biasa begitu ya? tdk bentuk dialog kah?
🖊Iya betul. Tapi tokoh lainnya boleh didialogkan

9⃣ #tanya lagi ya# Kristin Amaliah# melihat jwbn 1-3  dari k tedi, saya jadi berpikir apakah dongeng itu bisa kita karang2 sendiri? Tidak harus sesuai buku,dll.

🖊Iya, betul sekali
Justru ketika kita menemukan buku, namun isinya tdk pas u tumbuh kembang anak, segera skip/delete, ganti dg versi kita.
Krn sekali lagi, ini yg kita install ke anak anak.

Misal : saya tdk lagi cerita Kancil Mencuri Timun, tapi saya ganti Kancil Sedekah Timun.

#respon
Adakah tehnik hypnotherapy dalam bercerita? Bagaimana pengaplikasiannya dalam cerita?

🖊Dalam hypniterapi ada jg menggunakan cerita, misal : teknik metafora, analogi dll sering dikemas dlm cerita.
Kalimat kalimat (pola kalimat hipno) pun bs dimasukkan dalam bercerita

Kondisi trance, gelombang alfa, tdk hanya saat menjelang tidur, namun bs diciptakannsaat anak fokus dan fun.
Contoh sederhana :
* Dongeng biasa :"saya malas belajar"
* Dongeng +hypno : "saya kurang semangat belajar"
Contoh lain, penggunaan pola kalimat :
* Biasa : "Ibu, sekolah itu penting utk aku. aku seharusnya bisa berangkat sekolah, namun diluar hujan deras"

* +hypno : "Ibu, meskipun di luar hujan deras, namun aku tetap bisa berangkat sekolah, krn sekolah itu penting.

Lihat, nilai dirasa enak yg mana? Meski kalimat nya sama namun beda dirasa.
Ini nt dibahas lbh oleh ahli hypno languagw patern, saya cm langsung yg aplikatipnya

1⃣0⃣ #tanya#manarina
bagaimana kalo kita kesulitan merangkai kata?saya biasa ceritanya dua kisah terus besokny itu lagi.klo mau cerita yg lain harus buka buku lagi takut salah .

🖊Bagus, bunda sudah memulai bercerita, kereeen... Selamat ya.

1. Tak apa apa, sebuah cerita diulang, jangankan 2 hari, seminggu pun anak kadang masih suka

2. Cara mengingat cerita : ingat ide utama / pesan utamanya, ingat kerangkanya. Sudah, ttg kalimat biarkan otak kita berkreasi.....
Pake rumus di artikel diatas bunda

#respon# boleh merespon pertanyaan dari orang lain kan ya? Hehhee.. Kalau crtanya tdk ada di buku gpp kan??? Peran utamanya anak kita

🖊Sangat boleh....,
Ajak anak tetlibat dlm cerita, atau kadang gunakan pendapatnya u kelanjutan cerita

KESIMPULAN:

Ingat, "BISA MENDONGENG ITU BIASA, BIASA MENDONGENG ITU BARU LUAR BIASA"

Jadi bukan ttg Bisa, tp lebih penting BIASA...

*MENDIDIK TAK BISA MENDADAK DAN MENDADAK TAK BISA MENDIDIK*

SELAMAT MENDONGENG / BERCERITA


-groupsmartparenting-

No comments:

Post a Comment